Sunday, April 5, 2015

Cara mepercepat koneksi internet dengan mudah

percepat koneksi internet
Udah bayar mahal*, internet masih lemot aja. Maklum, dari seluruh dunia indonesia sendiri menduduki peringkat ke 41 untuk masalah kecepatan internet, hal ini dilansir dalam halaman wikipedia. Dengan kecepatan rata-rata 3.7 Mbit di tahun 2014. kali ini saya akan berbagi tips cara mempercepat koneksi internet dengan mudah. Banyak tips yang bisa kita temukan di internet mulai dari tweak system windows, tweak mozilla sampai tweak registry pada windows.

Kurasa cara mempercepat koneksi internet dengan cara itu kurang masuk akal, karena banyak faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan akses internet kita. Jika kita cuma dapet segitu yaa masa bisa lebih cepat lagi? Mulai dari faktor internal sampai external. Jadi ngetweak system windows pun cuma menghemat kecepatan beberapa KB aja.

Cara mepercepat koneksi internet

Simak tipsnya

1. Upgrade modem

Ini nih yang isa jadi salah satu faktor penentu kecepatan akses internet kita, yaitu modem yang memiliki singkatan MOdulator DEModulator. Istilah sederhananya sih Mengirim-dan-Menerima data. tapi saya ga akan bahas itu. Untuk bisa mempercepat kecepatan akses internet kita ada baiknya kita harus upgrade modem kita, Karena menurut pengalaman saya, jenis modem dan  kecepatan modem Atau biasa disebut UPLINK dan DOWNLINK sangat berpengaruh.

Untuk tips mencari modem ada baiknya pertimbangkan modem yang memiliki Downlink yang besar: misalnya 7,2mbps, 14mbps, 21mbps, 42mbps. Disini ketika saya membuat tulisan ini saya memakai modem 21mbps. tapi saya sarankan juga untuk memilih modem yang ukurannya sedikit lebih besar, kayak Vodaf*ne, huaw*i dan sejeninsya. Jangan beli modem buatan cin* kayak T*lkom*el Flash. 

Karena menurut yang saya alami modem 21mbps milik saya itu meskipun downlinknya besar tapi kualitas sama aja dengan modem 7,2mbps dengan merk hua*ei.

2. Upgrade Driver

Upgrade driver Network kamu dengan driver yang paling baru, dan ini sudah saya test. Saya pernah mencoba 2 buah modem berbeda, 2 buah lepi berbeda dan 1 kartu yang sama. Modem A saya coba di lepi A, dengan kecepatan 150kbps (dilihat dari idm) lalu Modem B dipakai di lepi B memiliki kecepatan 600kbps dan itu masih kartu yang sama lhoo. Lalu akhirnya saya rolling saya pakai modem B di lepi A dan kecepatan saya jadi 300kbps dan ketika modem A di pakai di lepi B kecepatannya fantastis 300kbps.

lalu apa yang bisa saya simpulkan?
ternyata modem juga berpengaruh. Buktinya seperti yang diatas, saya pakai 2 buah modem yang sama 7,2mbps dengan merk yang berbeda. 1nya merk terkenal dan satunya merk lokal (cin*) setelah saya coba, modem merk lokal di lepi jadul kecepatannya setengah dari kecepatan asli jika dicoba di lepi yang agak baru. dan sebaliknya modem berkelas saya coba di lepi jadul saya hanya punya setengah kecepatan dari lepi baru.

Jadi intinya, modem+lepi itu berpengaruh terhadap kecepatan internet.

3. Cari sinyal yang kuat

Hal ketiga yang juga mempengaruhi kecepatan akses internet yaitu kekuatan sinyal, sinyal inilah yang bisa membuat kita mendapatkan jaringan sinyal yang kuat. misal, jika saya memiliki sinyal full bar maka saya akan mendapatkan jaringan 3g/H+ dan jika saya punya sinyal cuma 2 bar maka saya hanya mendapatkan jaringan EDGE/GPRS

4. Ubah pengaturan Network modem

Tahukah kamu kalo pengaturan modem bisa diubah agar kecepatan internet kita stabil? caranya, masuk ke Setting lalu Network setting. Pilih bagian Only UMTS/HSUPA hal ini berfungsi agar modem kita hanya mencari sinyal 3g/hsdpa saja.

5. Ganti Simcard

Jika hal diatas memang tidak bisa membuat kecepatan akses internet kamu lebih cepat ada baiknya kamu harus mengganti Simcard/kartu kamu dengan provider yang menyediakan pelayanan akses internet yang labih. Cari referensi dari teman kamu atau kamu bisa coba sendiri provider mana yang memiliki kecepatan akses internet terbaik di daerah kamu.


Yah, itulah beberapa tips dari saya untuk cara mempercepat kecepatan internet anda.
baca juga artikel menarik lainnya: